Blog Gizi dan Kesehatan

it's about your everyday life.
Your Ad Here

Diduga Meninggal Saat Dilarikan ke RS Usai Terjatuh Waktu Futsal  

Oleh: Dr. Ketut Karnala
ConocoPhillips Indonesia, Belanak FPSO Facility

”JAKARTA, KCM--Pelawak tersohor Basuki yang dikabarkan meninggal pada Rabu pukul 18.30 diduga telah mengembuskan nafasnya dalam perjalanan saat dilarikan ke Rumah Sakit (RS) Melia, Cibubur, Jakarta Selatan. Rekan bermain futsal almarhum bernama Ucu (43) sekitar pukul 23.00 Rabu (12/12) di rumah duka Jalan Tapak Siring, Blok F-6, Perumahan Graha Cinere, Jakarta Selatan menuturkan bahwa Basuki meninggal setelah bermain futsal di Lapangan MS Futsal, Jalan Ternate, Cibubur. Selanjutnya Ucu yang mengaku bermain sebagai kiper mengatakan Basuki sempat bermain 15 menit pada babak pertama. Juga sempat beristirahat."Malah sempat membetulkan tempat skor," katanya. Setelah itu Basuki melakukan pemanasan lagi di luar lapangan. Saat pemanasan lagi itulah, katanya, Basuki terjatuh di luar lapangan.

Melihat Basuki terjatuh,
rekan-rekan lain segera memberikan pertolongan lalu melarikannya ke RS Melia Cibubur. Menurut Ucu pihak RS Melia menyatakan, almarhum diduga kuat telah mengembuskan nafas terakhirnya dalam perjalanan ketika dilarikan ke RS. Sebab
sesampainya di RS Melia Basuki sudah tidak bernafas. Setiap Rabu Basuki punya jadwal bermain futsal bersama para rekan bisnisnya. Kali pertama kabar Basuki meninggal sampai di tangan para sahabatnya termasuk Tarzan berasal dari Margono, rekan almarhum yang ikut bermain fustal pada Rabu petang itu. (EH)”


D
ear All,
Meskipun kejadian di atas adalah takdir Yang Maha Kuasa, tapi coba kita
bayangkan; seandainya kita berada dilokasi 'futsal' itu, apa yang bisa kita lakukan ? Apakah ada yang melakukan ABC (Airway, Breathing, Circulation) ~ bantuan dasar utk hidup?Bagaimana kalau menimpa salah satu anggota keluarga kita? salah satu teman kita?

Di bawah ada sedikit ringkasan mengenai RJP (Resusitasi Jantung Pulmoner) atau CPR (Cardiopulmonary Ressucitation) dari: AHA (American Heart Association, 2005). Jangan lupa, sistem terbaru CPR adalah: 30:2 (30 kompresi/pompa dada: 2 X nafas buatan)

Langkah2nya:
Cek Respons/kesadaran. Jika tidak sadar ~ panggil bantuan medis. jika tidak ada telepon atau telpon jauh, minta orang lain untuk mencari bantuan medis. jangan tinggalkan korban sendiri






Sembari menunggu lakukan:
Periksa jalan nafas (hidung, mulut harus bersih dari sumbatan) ~
lihat, dengar dan rasakan ~ jgn lupa lakukan 'head tilt chin lift'(tekan dahi, dagu diangkat)
. Jika tak ada nafas beri bantuan nafas buatan 2 kali hembusan ~mouth to mouth (@ 1 detik)




Tidak ada nafas ~ langsung lakukan CPR 30:2 (30 X kompresi dada; 2 X nafas buatan)Kompresi dilakukan dengan cukup kuat (kedalaman 4-5 cm,cepat; target 100 kompresi dalam semenit). Jika masih tidak sadar, lakukan 5 siklus (1 siklus=1X 30kompresi + 2 nafas buatan)Panggil bantuan..... sembari menunggu lakukan sesuatu !! ...ulangi lg urut2an diatas !!


Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat pada video dibawah ini (atau kunjungi http://depts.washington.edu/learncpr/videodemo/adult-cpr-video.html untuk mempelajari teknik ini lebih lanjut)

video

AddThis Social Bookmark Button

0 Comment(s)

Poskan Komentar