Blog Gizi dan Kesehatan

it's about your everyday life.
Your Ad Here

Saat Terbaik Minum Kopi  

Ups..sudah jam 2 siang, pantas saja mata ini terasa berat sekali. Yup..sindrom mengantuk di tengah-tengah mengerjakan pekerjaan sungguh menyiksa. Dikala pekerjaan sudah menumpuk untuk dikerjakan, mata kita terkena serangan kantuk yang hebat. Hmm...saatnya untuk minum secangkir kopi, untuk memulihkan stamina dan menyegarkan kembali mata yang sudah mengantuk.

Hampir sebagian besar dari kita mengkonsumsi kopi pada saat merasa mengantuk di kantor atau pada saat bekerja. Kopi mengandung zat stimulan (cafein) yang mampu menstimulus otak (sistem syaraf pusat) peminumnya, sehingga ia merasakan kesegaran dan mendapatkan tambahan energi untuk melakukan aktivitas. Seperti halnya saya hari ini, dikala pekerjaan sedang menumpuk namun badan mengalami kelelahan fisik dan konsentrasi mulai buyar, kopi menjadi doping saya untuk menyelesaikan pekerjaan.

Namun dari berbagai penelitian didapatkan bahwa kopi atau kandungan cafein dalam kopi ternyata dapat menghambat penyerapan zat besi. Zat besi merupakan komponen utama dari hemoglobin, yaitu komponen darah yang berfungsi untuk mengikat oksigen dari paru-paru dan mendistribusikannya ke sel-sel tubuh. Dengan kata lain zat besi sangat penting untuk pernafasan sel. Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan anda terkena anemia. Apabila anda terkena anemia, maka tubuh menjadi lemas, lesu dan produktivitas anda berkurang. Wanita merupakan kelompok yang rawan sekali terkena anemia. Namun penyerapan zat besi dari makanan oleh tubuh hanyalah berkisar 10-15% saja. Sehingga keberadaan zat-zat yang dapat mengganggu penyerapan besi adalah signifikan sekali bagi ketersediaan zat besi bagi tubuh.

Jadi apa yang harus anda lakukan? Anda senang kopi namun anda juga wanita/pria yang terkena anemia...dan tugas menumpuk pula !! Para ahli menemukan apabila setelah makan kita meminum secangkir penyerapan zat besi akan menurun sebanyak 39% dibandingkan jika anda tidak meminum kopi setelah makan. Efek ini akan semakin meningkat apabila jumlah kopi yang dikonsumsi juga meningkat.

Namun, apabila kopi diminum 1 jam sebelum makan, tingkat penyerapan zat besi normal dan tidak mengalami gangguan. Tetapi jangan meminum kopi 1 jam setelah makan, karena cafein dalam kopi masih dapat mempengaruhi penyerapan zat besi.

Jadi jika anda makan siang jam 12, paling aman anda meminum secangkir kopi pada saat jam 2 siang. Sehingga zat besi yang susah payah anda makan pada menu makan siang tadi dapat diserap secara sempurna oleh tubuh, dan dapat digunakan untuk membantu produktivitas anda di kantor dan pekerjaan.

So..have a nice a cup of coffee today.

Sumber: disarikan dari American Journal of Clinical Nutrition

AddThis Social Bookmark Button

1 Comment(s)

Poskan Komentar