Blog Gizi dan Kesehatan

it's about your everyday life.
Your Ad Here

Zinc Mempercepat Proses Penyembuhan Luka  

Pernahkah anda mengalami luka pada kulit anda dan luka tersebut lama sembuhnya Boleh jadi anda mengalami defisiensi/kekurangan mineral Zinc (seng). Zinc mempunyai peranan khusus dalam metabolisme kulit dan jaringan ikat. Hal ini diketahui secara tidak langsung semenjak zaman Yunani kuno, ketika calamine lotion yaitu sejenis lotion kulit yang mengandung ZnCO3 pertama kali digunakan untuk kulit. Didalam dunia kedokteran, khususnya pada pasien pasca operasi, diberikan zinc (ZnSO4) untuk mempercepat penutupan luka akibat proses operasi.

Kemampuan Zinc dalam mempercepat penutupan luka ini disebabkan karena zinc mempunyai peranan yang penting dalam sintesa protein dan proses replikasi (perbanyakan) sel-sel tubuh. Struktur kulit kita terdiri dari jaringan ikat yang tersusun oleh protein. Pada kondisi defisiensi zinc, maka proses sintesa protein dan replikasi dari sel-sel jaringan ikat bawah kulit akan menjadi terhambat. Sehingga proses penutupan luka akan terhambat pula.

Makanan yang tinggi kandungan zinc-nya antara lain adalah; daging, kerang-kerangan, biji-bijian, serealia dan kacang-kacangan. Namun kandungan zinc terbanyak ditemukan pada makanan kacang-kacangan. Kebutuhan zinc perharinya adalah 15 mg untuk dewasa. Dari jumlah tersebut hanya 20-30% saja yang diserap oleh tubuh kita. Kebutuhan tubuh akan zinc akan meningkat pada kondisi tubuh seperti proses pertumbuhan , penyakit ginjal, hemodialisa (cuci darah), kecanduan alkohol serta rematik.

So..next time apabila anda mengalami luka pada kulit dan ingin cepat sembuh. Perbanyaklah makan kacang-kacangan. Selain kaya akan mineral zinc, kacang juga tinggi kandungan proteinnya sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan luka anda.

AddThis Social Bookmark Button

3 Comment(s)

  • Anonim  
    9 November 2007 pukul 09.11

    oh..baru tahu klo luka lama sembuhnya bisa diakibatkan karena kurang zinc. berarti banyk-banyak makan tempe kali yah....

  • Anonim  
    30 Maret 2009 pukul 08.46

    hm.. oke juga tuh.. makan tempe... tahu juga kali ye... bagai mana dengan susu kedelai... ih jadi binun.. ini memangnya segala macem kacang ya... kacang tanah??? kacang polong...??? bagai mana ya...

  • gayuh  
    1 Agustus 2010 pukul 10.32

    terima kasih sharenya bro.. kalo zinc dalam bentuk suplemen contohnya apa ya bro?

Posting Komentar