Blog Gizi dan Kesehatan

it's about your everyday life.
Your Ad Here

Ga Sarapan, Berat Badan Naik?  


Sudah banyak artikel kesehatan yang menekankan pentingnya sarapan pagi bagi die penurunan berat badan. Namun baru kali ini saya menyadari kebenaran saran tersebut. Seminggu yang lalu saya tugas ke daerah Sumatera Selatan. Tuntutan pekerjaan yang cukup padat dan mobilitas yang tinggi memaksa saya untuk menunda sarapan dan menggantinya dengan segelas kopi ataupun teh manis. Alhamdulillah selama 1 minggu disana dengan pola makan yang hanya 2 kali makan, kesehatan saya tidak mengalami gangguan, walaupun aktivitas disana cukup berat dan cukup panjang.

Pada saat saya kembali ke kantor, banyak teman-teman yang berkomentar bahwa berat saya bertambah. Hal ini tidak saya sadari. Namun saya menduga hal ini karena selama 1 minggu, saya tidak sarapan pagi. Kenapa bisa? Sarapan pagi sebenarnya penting bagi kesehatan. Perut kita kosong lebih dari 10 jam dari terakhir kita makan malam. Dengan adanya sarapan pagi makan tubuh mempunyai cukup energi untuk persiapan aktivitas kita.

Secara tidak disadari, saya meningkatkan porsi makan di siang hari dan malam hari sebagai kompensasi atas porsi sarapan yang hilang. Sepertinya tubuh juga beradaptasi dengan efisiensi penyerapan zat gizi yang lebih baik pada saat saya tidak sarapan. Sehingga walaupun aktivitas saya tinggi, namun tubuh menyerap zat gizi dan energi lebih baik pada makanan yang saya konsumsi.

Dalam hal diet penurunan berat badan, sarapan memegang peranan penting dalam pengendalian asupan kalori yang masuk ketubuh. Disarankan untuk meningkatkan persentase asupan kalori pada saat sarapan, dengan mengurangi porsi makan siang dan mengkompensasikannya dengan makan lebih banyak pada saat sarapan. Sehingga pada saat makan siang kita tidak terlalu lapar, dan porsi makan siang pun menjadi lebih sedikit. Ingat pada saat lapar, kecenderungan kontrol kita terhadap apa yang kita makan menjadi berkurang, atau kita lebih banyak mengambil lauk-pauk dalam jumlah yang lebih besar.

So, jika anda ingin mempertahankan berat tubuh anda jangan lupakan sarapan pagi. Sarapan hingga kenyang agar tidak perlu ngemil pada saat sebelum makan siang. Have a tasty breakfast then....

AddThis Social Bookmark Button

5 Comment(s)

  • Anonim  
    21 September 2008 pukul 01.25

    Salam,

    Bersarapan adalah sesuatu yang amat penting dalam kehidupan seharian. Amalkan diet yang betul. Nice blog...Keep it Up

  • Picha  
    15 Oktober 2008 pukul 13.23

    Hallo mas...
    Salam kenal, saya mahasiswa gizi kesehatan UGM sekarang sedang mengambil studi lanjutan (profesi gizi)
    stuju banget tuh mas postingannya..
    oiya nambahin kenapa kalo kita gak sarapan kok makan siang dan malemnya cenderung lebih banyak.. itu karena keluarnya hormon leptin, yang memicu kita buat menambah prosi makan jadi lebih banyak pada waktu makan selanjutnya
    nice blog!
    keep goin' ya mas!

    -picha arfines-

  • Anonim  
    30 April 2009 pukul 21.51

    Dokter Freddi,
    saya mau tanya nih..
    saya sedang bulking dalam rangka gain muscle dari BB 66kg menuju 70kg dengan tinggi badan 178cm
    saya sudah membuat kebutuhan calorie says sehari yaitu :

    106gr Protein
    192gr Carbohydrate (Low-GI)
    100gr Healthy Fat

    yang dibagi menjadi 5x makan sehari

    berarti setiap makan saya harus memakan :
    22gr Protein
    38gr carbo (Low-GI)
    20gr Healthy Fat

    yang mau saya tanya, kira-kira menu makanan yang cocok untuk mendapatkan kebutuhan saya diatas setiap kali makan apa ya Dok? saya bingung harus makan apa yang pas..
    Terima Kasih

    NB:
    1.Umur 20, Gol Darah A, Tipe badan ectomorph dengan metabolisme yang sangat tinggi
    2.Saya juga meminum langsung 100gr High GI carbo, 30gr Healthy Fat, 33gr Protein sehabis saya fitness dengan minuman meal replacement shake..

  • parent  
    27 September 2009 pukul 22.00

    ternyata sarapan itu penting ya..padahal banyak orang tidak sarapan buat diet,salah donk kalau begitu....

  • Freddi S Hendrarto  
    28 Mei 2010 pukul 13.47

    to Dulzdulz:

    untuk menambah berat badan, selain meningkatkan asupan energi anda juga harus berolahraga untuk meningkatkan massa otot. karena jika anda tidak berolahraga dan hanya minum suplemen/susu untuk weight gain maka hasilnya akan percuma.

    kandungan dari susu weight gain atauoun suplemen penambah berat badan adalah protein. protein ini dapat meningkatkan berat badan HANYA jika setelah anda mengkomsumsinya langsung melakukan olahraga. pilihlah olahraga seperti angkat beban, atau anda bisa latihan di GYM. disana anda akan mendapatkan saran terbaik olahraga/exercise apa yg paling tepat untuk menambah massa otot anda

Posting Komentar