Blog Gizi dan Kesehatan

it's about your everyday life.
Your Ad Here

Susu dan Kehamilan  

Ada yang sudah punya anak? sedang hamil atau berencana mempunyai anak? ada kabar dari Peneliti Denmark, dimana mereka menemukan adanya korelasi yang positif antara meminum susu selama kehamilan dengan berat badan bayi pada saat dilahirkan.

Selama tahun 1996-2002 mereka mengumpulkan data para ibu yang sedang hamil. Mereka menanyakan berapa gelas susu yang mereka konsumsi perharinya selama masa kehamilan. Kemudian mereka membandingkan konsumsi susu para ibu tersebut dengan berat badan bayi mereka pada saat lahir.

Rata-rata para ibu hamil tersebut mengkonsumsi 3 gelas susu/hari. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan bahwa wanita yang meminum susu selama masa kehamilan akan melahirkan bayi dengan berat badan dan panjang badan yang lebih besar dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak mengkonsumsi susu selama kehamilannya. Hal ini berarti bahwa konsumsi susu dapat mencegah terjadinya BBLR (Bayi Berat Lahir Rendah). Kenapa? hal ini karena susu sapi banyak mengandung growth promoting factor.

Namun dari penelitian tersebut disimpulkan juga bahwa berat badan bayi waktu lahir berkorelasi positif dengan protein susu dan tidak berkorelasi dengan lemak susu. Artinya apa? jadi sebelum membeli susu, lihatlah label dan bandingkan produk mana yag mempunyai kandungan protein tertinggi....jangan lihat mereknya ya bu..!!! (tapi lihat harganya juga..hehehhe).

sumber:http://www.ajcn.org/cgi/content/abstract/86/4/1104

AddThis Social Bookmark Button

0 Comment(s)

Poskan Komentar