Blog Gizi dan Kesehatan

it's about your everyday life.
Your Ad Here

Meningkatkan Berat Badan Bagi si Kurus  

Mungkin anda termasuk salah satu orang yang kurus sekali. Seberapapun banyaknya anda makan, anda merasa berat badan tidak mengalami kenaikan. Hal ini dialami oleh Iwan (18 tahun). Dengan tinggi badan 172 cm, iwan hanya mempunyai berat badan 45 kg. Jauh dari berat badan idealnya yaitu 65 kg. Ia menginginkan sekali agar berat badannya bertambah, sehingga badannya terlihat lebih berisi. Segala upaya telah dilakukan iwan untuk menambah berat badannya, ia bahkan dalam sehari makan 4 kali dan ditambah mengkonsumsi suplemen vitamin dan mineral. Namun kesemuanya itu sia-sia.

Kenapa ada orang yang mudah sekali untuk naik berat badannya, tetapi ada juga yang susah sekali untuk menaikkan berat badannya? Jika anda termasuk orang yang sulit untuk bertambah berat badannya, anda harus memeriksa keluarga anda. Apakah ada didalam keluarga anda yang memang mengalai masalah yang sama dengan anda. Jika memang ada dalam keluarga anda, maka anda memang ditakdirkan untuk kurus.

Untuk menambah ½ kg berat badan perminggu, maka anda membutuhkan tambahan 500 kkal perhari diluar dari konsumsi sehari-hari anda.Kebanyakan orang-orang berpikir bahwa untuk menambah berat badan maka mereka harus banyak mengkonsumsi protein dalam jumlah yang banyak. Hal ini salah, karena kelebihan protein yang kita konsumsi tidak akan disimpan oleh tubuh sebagai daging (massa otot). Untuk menambah berat badan anda (menambah massa otot anda) maka yang harus anda lakukan adalah dengan berolahraga. Olahraga seperti angkat besi dan latihan beban lainnya akan membuat serat-serat otot bertambah besar. Untuk itu anda perlu mengkonsumsi kalori tambahan selama anda melakukan latihan tersebut, agar protein yang akan digunakan untuk membentuk serabut otot anda yang baru tidak ikut dibakar oleh tubuh sebagai sumber energi selama anda melakukan latihan/olahraga.

Lalu, bagaimana caranya mendapatkan kalori tambahan?

Untuk mendapatkan tambahan kalori yang dibutuhkan guna meningkatkan berat badan, sebaiknya anda mengkonsumsi:

  • Camilan/snack tambahan, seperti roti isi, sandwich dan segelas susu sesaat sebelum anda tidur
  • Makan dalam porsi yang lebih besar dari sebelumnya
  • Makan makanan yang mengandung kalori tinggi. Makanan yang tinggi kandungan kalorinya adalah lemak. 1 gr lemak setara dengan 9 kkal, sedangkan 1 gr karbohidrat dan protein hanya 4 kkal. Namun berhati-hatilah dalam memilih makanan tinggi kalori ini. Hindari lemak jenuh seperti pada keju, daging berlemak, kulit ayam, mentega dan margarin. Makanan ini mengandung lemak jenuh yang mempunyai bahaya bagi kesehatan anda.

Tips Memilih Makanan Berkalori Tinggi

Pilihlah makanan dan minuman berikut dalam program diet penambahan berat badan anda:

Cereal. Jika anda membuat sereal, tambahkanlah susu. Untuk meningkatkan cita rasa dan selera makan anda, anda bisa menambahkan buah-buahan kering, crackers, biscuit dan kue-kue yang anda suka.

Jus/sari buah. Jika anda senang membuat jus segar, pilihlah buah apel, anggur, nanas. Buah-buahan ini mempunyai nilai kalori yang lebih tinggi dibandingkan jus jeruk ataupun jus tomat. Tambahkan susu untuk menambah kalori dari jus buah anda.

Buah. Pilihlah buah yang sedikit kandungan airnya seperti, pisang, nanas, kurma, atau buah-buahan kering. Buah-buahan ini mengandung lebih banyak kalori dibandingkan jeruk, semangka, melon dan buah yang tinggi kadar airnya.

Susu. Untuk meningkatkan kalori dari susu cair yang anda minum, tambahkan susu bubuk ke dalam susu cair yang biasa anda minum. Atau campurkan susu dengan coklat cair.

Roti. Oleskan selai kacang dan madu dalam jumlah yang lebih banyak pada roti baker sarapan anda.

Daging. Walaupun daging sapi dan kambing mengandung kalori lebih tinggi daripada daging ayam dan ikan, namun kedua jenis daging tersebut juga mengandung lemak jenuh yang berbahaya bagi kesehatan. Makanlah dalam jumlah sedikit daging tersebut dan pilihlah yang tanpa lemak. Untuk meningkatkan kalori, goreng ayam dengan sedikit minyak atau margarin.

Kacang-kacangan. Perbanyaklah konsumsi berbagai jenis kacang-kacangan termasuk kedelai dan produk turunannya. Karena kacang-kacangan tidak hanya tinggi kandungan kalorinya, namun mereka juga tinggi kandungan protein dan karbohidratnya.

Sayur-mayur. Sayuran seperti kacang, jagung, wortel, waluh dan bit mempunyai kalori yang lebih banyak dibandingkan buncis, brokoli dan sayuran lain yang tinggi kadar airnya. Untuk meningkatkan nilai kalori dari sayuran, maka tumislah sayuran menggunakan margarin dan tambahkan irisan keju parut.

Camilan/snack. Camilan siang dan sore adalah cara paling sempurna untuk meningkatkan konsumsi kalori anda. Beberapa camilan yang sehat antar lain adalah; yogurt, cheese crackers, kacang-kacangan, kue kering, muffins, milk shakes, coklat hangat, pisang, buah-buahan kering dan sandwich.

Ada kalanya anda juga harus memeriksa diri anda dan kebiasaan anda makan selama ini. Apakah anda makan tepat waktu? Bagaimana pola makan anda? Berapa kali anda makan sehari? Kadang-kadang ada orang yang makan banyak setiap kali ia makan, namun setelah dicek ia tetaplah kurus. Ia melewatkan sarapan pagi dan sebagai kompensasi ia makan lebih banyak pada siang hari dan malam harinya. Hal ini sebenarnya tidak baik. Jika anda ingin menambah berat badan anda, makanlah pagi, siang, sore dan makan tambahan/snack sesaat sebelum anda tidur. Pastikan anda makan tepat waktu dan tidak menunda-nundanya.

Namun jika semua cara diatas tidaklah berhasil, maka sabarlah. Lakukan semuanya secara perlahan-lahan dan janganlah menginginkan berat badan anda bertambah dengan cepat. Sebagian orang akan bertambah besar pada saat mereka mulai dewasa. Mungkin memang belum waktunya bagi tubuh anda untuk bertambah isi dan bobot. So...be patience.

AddThis Social Bookmark Button

15 Comment(s)

  • Anonim  
    17 Desember 2007 10.50

    Wah, terima kasih atas artikel-artikel menarik di blog gizi dan kesehatan yang anda buat. Insya Allah bermanfaat. Hanya sedikit saran mungkin anda bisa fokus untuk siapa pembacanya. Kalau untuk orang Indonesia ada baiknya pakai bahasa Indonesia saja. Kalau untuk English speaker, mungkin sebelum di-posting-kan bisa diedit dulu grammar-nya biar lebih mengalir. Terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah mencantumkan sumber referensi dari mana artikel tersebut. Dalam iklim akademis, tulisan yang bukan dari hasil penelitian penulis merupakan sumber pustaka sekunder yang harus mencantumkan sumber pustaka primernya agar tidak jatuh ke dalam plagiarism. OK, terus berkarya!

  • Anonim  
    29 April 2008 00.15

    Makasih atas sarannya, kalau boleh minta tolong kira - kira menu makanan sehari-hari untuk meningkatkan berat badan denagn harag yang terjangkau. terima kasih

  • Freddi S Hendrarto  
    30 April 2008 17.27

    "Anonim berkata...

    Makasih atas sarannya, kalau boleh minta tolong kira - kira menu makanan sehari-hari untuk meningkatkan berat badan denagn harag yang terjangkau. terima kasih"

    rahasianya bukanlah di makanan yang mahak, tetapi mengetahui komponen makanan yang dapat menambah massa otot. gemuk yang sehat adalah jika massa otot yang bertambah besar, bukannya timbunan lemak yang bertambah banyak. Untuk itu pilihlah makanan yang tinggi kandungan proteinnya. Protein banyak terdapat di susu, telur, daging, ikan, tahu dan tempe. Memang pada saat ini harga susu dan daging relatif mahal dan konsumsinya pun jarang. Tapi masih ada telur, tahu, tempe dan kacang-kacangan lain yang relatif lebih murah. Agar tidak membosankan, tentunya keahlian dalam memvariasikan menu dan teknik memasak diperlukan.

    Satu hal lagi adalah, usahakan setelah mengkonsumsi makanan yang tinggi protein anda segera beraktifitas dan jangan tidur. Hal ini agar protein yang anda makan bisa langsung dirubah menjadi asam amino dan digunakan untuk pembentukan massan otot.

    Usahakan untuk menambah porsi makan anda dengan camilan ringan/snack yang sehat. MIsalnya jajanan tradisional yang terbuat dari tepung-tepungan dan buah. Seperti pisang goreng. Kontribusi kalori dari pisang dan tepung serta kombinasi metode memasak menggunakan minyak akan menghasilkan kalori yang cukup signifikan.

    Masih blum cukup? Kenapa tidak mencoba nasi goreng dengan berbagai variasinya? murah, meriah dan berkalori tinggi

  • Anonim  
    24 September 2009 14.17

    saya udah berusaha tambah berat badan dengan cara minum susu weight gain,, tapi sejauh ini belum terlihat adanya perkembangan.
    kalau boleh,,bisakah Anda membuat jadwal makanan/minuman yang harus diknsumsi setiap jamnya..?
    sehingga asupan gizi saya terkontrol..
    terima kasih :)

  • Wahyu Weight Gain Recipe  
    11 Oktober 2009 21.07

    Terima kasih tipsnya, lengkap sekali

  • fe_yon  
    28 Desember 2009 19.03

    @Anonim, 24 September 2009 14:17

    Mungkin cara makan anda salah, sebelumnya saya juga punya masalah dengan berat badan, sebelumnya BB/TB=63,5kg/180cm

    Kemudian saya mencoba fitness, kemudian mengubah pola makan saya, hasilnya dalam 3-4 minggu berat badan saya jadi 65,5kg.

    Jadi seperti ini contoh pola makan saya :

    Sarapan (6.30 - 7.00 AM) :
    Oatmeal 5 sendok makan
    Susu bubuk 2-3 sdm
    Pisang ambon 2-3 buah

    Cemilan pagi (10.00 - 11.00) :
    Kacang merah rebus 100gr
    Susu coklat 2-3 sdm sebagai kuahnya

    Makan siang (13.00 - 14.00) :
    Porsi makan dibikin 1,5x lebih banyak dari normal

    Cemilan sore/Pre Workout (16.00 - 17.00) :
    Makaroni rebus + ditaburi keju cheddar

    ---fitness-----

    After Workout :
    LMen Gain Mass 3 sdm+ Susu FullCream 2 sdm

    Makan Malam :
    Porsi dibikin 1,5x dari biasanya.


    ps: kalo anda cuma makan porsi normal 3x sehari + minum WeightGain percuma, cuma abis2in duit aja. Karena tubuh anda butuh makanan padat bukan makanan cair (WeightGain/Susu). Tambahkan olahraga untuk merangsang nafsu makan anda.

    Jangan coba minum obat perangsang nafsu makan buatan china ato apapun, karena anda tidak tahu komposisi kimia apasaja yang terkandung dalam obat tersebut.

  • Mr. Ridwan  
    13 Februari 2010 11.02

    Woof, Coba ja dulu,,, Kita mang punya badan kurus... N moga cara n tips yang diberikan bermanfaat... Thanks.

  • krisan  
    21 Februari 2010 18.26

    bagus juga tuh ide n saran ya, soal ya berat badan ak semenjak kecil gak pernah ideal. sampai2 ak bingung cariin baju yang pas.gak mungkin dong kita jahitkan terus n pingin ya ikut menikmati style yang ada. ak mau praktekkan mudah2han berhasil n doain ya.

  • Julian  
    5 April 2010 08.37

    Wah, ini yg aku cari. Mau nambah 4kg lg

  • Anonim  
    25 April 2010 05.18

    terimakasih saran2nya, penjelasannya lengkap sekali.
    Nampaknya perbaikannya harus lebih terarah dan teratur ya, jg dgn komposisi makan yg lebih kaya protein.. Hmm, patut dicoba. :)

  • Anonim  
    25 April 2010 05.18

    terimakasih saran2nya, penjelasannya lengkap sekali.
    Nampaknya perbaikannya harus lebih terarah dan teratur ya, jg dgn komposisi makan yg lebih kaya protein.. Hmm, patut dicoba. :)

  • Aiden  
    9 Mei 2010 10.10

    Saya seorang pria berumur 21 tahun dengan berat 48kg n tinggi badan 160. Saya juga memiliki penyakit yang bernama scoliosis. Jadi sangat berbahaya jika saya berolahraga fitness atau angkat beban. Jadi saya mao menanyakan mao bagaimanakah agar saya dapat bertambah gemuk? Olahraga apa yang cocok bagi penyakit scoliosis n juga dapat menaikan berat badan?

  • Aiden  
    9 Mei 2010 11.02

    Saya pria berusia 21 tahun dengan tinggi 160. Saya memiliki penyakit scoliosis,sehingga saya tidak dapat olahraga fitness atau angkat beban. jadi bagaimana cara terbaik utk menambah berat badan dalam olahraga?

  • ryan  
    26 Mei 2010 06.56

    many thanks,. good tips

  • arif  
    4 November 2010 14.52

    mksh kaka2 tas info2 na..
    skrng aq dh brtmbah gmuk,he..n_n

Poskan Komentar