Blog Gizi dan Kesehatan

it's about your everyday life.
Your Ad Here

saya cowok dengan tubuh extra thin?  

Tanya:
saya pengen...banget jd model,usia sy 16 thn dengan tinggi badan 172 cm,tp bb sy tdk proporsional cuma 45kg,kira2 apa penyebabnya?dulu sy prnah kena paru2 basah,oh ya saya makan min 4 kali sehari. (anonym 16 tahun, jakarta)

Jawab:

berat badan ideal kamu jika dihitung dari rumus BB ideal=(tb-100)-{10%x(tb-100)} adalah sekitar 65 kg. berarti masih kurang 20 kg lagi. well kamu memang kurus yah.

tapi jangan berkecil hati. Yang pasti di usia 16 tahun itu memang masa perkembangan, khususnya perkembangan seks sekunder. jadi memang tubuh membutuhkan energi yang cukup besar. jadi klo kamu makan 4x sehari dan tetap kurus yah wajar.

supaya anda dapat menaikkan berat badan dan berisi ada baiknya untuk melakukan olahraga. olahraga selain dapat menurunkan berat badan (pada kegemukan) juga dapat menambah berat badan, karena dapat menambah massa otot. disarankan untuk melakukan olahraga yang dapat membentuk/menambah massa otot seperti angkat beban atau senam. Jangan lupa pola dietnya diperbanyak karbohidratnya dan sumber protein (daging, telur dan ikan).

susu juga ada baiknya dikonsumsi, pilih susu dengan sumber protein yang tinggi. namun kadar lemaknya rendah. disarankan melakukan olahraganya selang beberapa jam setelah anda mengkonsumsi makanan/sumber protein. sehingga protein yg anda konsumsi langsung dapat digunakan untuk membentuk jaringan otot dan menambah massa otot anda.

Selain itu, coba periksa ke dokter untuk melihat adakah infeksi pada tubuh anda. jika anda elah berolahraga, makan-makanan yang bergizi namun tubuh tetap kurus, patut dicurigai adanya infeksi pada tubuh anda, sehingga anda kurus. pelaksanaa medical check up dapat dilakukan untuk melihat adanya infeksi pada tubuh anda.

semoga berguna dan semoga berhasil.

AddThis Social Bookmark Button

0 Comment(s)

Poskan Komentar