Blog Gizi dan Kesehatan

it's about your everyday life.
Your Ad Here

My Unsuccesfull Diet.....Upsss!!  

Pagi ini saya menimbang badan, wow...berat badan saya kembali ke 80 kg..ada perasaan kecewa yang timbul. Seminggu yang lalu saya sempat mencapai angka 76 kg namun kini saya harus berjuang untuk menurunkannya kembali. Saya mencoba menganalisa kenapa berat saya bisa kembali ke angka 80 kg. Setelah saya renungkan saya berpendapat bahwa kenaikan dan penurunan berat badan merupakan proses yang tidak instant. Hal ini saya amini karena mulai dari beberapa minggu ini pola makan saya mulai agak bandel...hehehe. Pada saya berhasil mencapai 76 kg, pola makan saya adalah pola makan rendah karbohidrat sederhana dan saya tidak makan nasi pada malam hari. Namun seminggu ini, saya mulai nakal untuk melanggar komitmen saya dengan diet rendah karbohidrat dan malah menambahnya dengan asupan lemak. pada malam hari saya makan nasi (sedikit)..tapi karena masih lapar akhirnya sesaat sebelum tidur saya mengkonsumsi mie. Berarti ini biang keladinya....supper time harus dihilangkan.

Hmmm...saatnya berjuang kembali menurunkan berat badan. Adapun strategi saya dalam berdiet adalah:

  • mengurangi makanan yang mengandung gula. saya mengkonsumsi teh dan kopi tanpa gula. Namun saya tetap sarapan. Gula merupakan karbohidrat sederhana yang langsung dipecah menjadi energi. Asumsi saya, jika saya mengkonsumsi teh manis, maka ada sebagian karbohidrat yang saya konsumsi pada saat sarapan tidak dikonversi menjadi energi dan akan ditimbun menjadi lemak (secara...saya kerja di kantor dan hanya duduk-duduk saja, sehingga pengeluaran energi saya tidak besar)
  • mengurangi konsumsi karbohidrat. pada malam hari saya mencoba untuk tidak memakan nasi. hal ini saya lakukan agar protein dan lemak yang saya makan pada makan malam langsung dibakar oleh tubuh menjadi energi dan tidak tersisa untuk ditimbun menjadi lemak. yang menjadi masalah adalah biasanya karena tidak mengkonsumsi karbohidrat saya menjadi lapar dan cenderung untuk ngemil atau memasak mie yg nota bene adalah karbohidrat. strategi saya adalah menyiapkan buah untuk dijadikan camilan. Buah walaupun manis dan merupakan sumber karbohidrat, tetapi kandungan energinya rendah. selain itu buah kaya akan kandungan serat yang baik untuk kesehatan
  • mengganti konsumsi daging dan telur dengan ikan.
  • konsumsi sayur dan lalapan pada siang hari dan semangkuk sayur pada malam hari
  • berolahraga minimal 10 menit setiap hari. saya memilih berolahraga pada pagi hari.
  • Puasa senin-kamis (jika tidak kesiangan bangunnya...hehehhe)
ok..that's all. kita lihat hasilnya 1 minggu lagi. wish me luck

update stories:
jumat, 7 desember 2007: 79 kg...hmmm..ga percuma exercise tadi malam.
sabtu, 8 desember 2007: 79 kg ...... secara semalem ga olahraga (hmm mulai ga commit nih)

AddThis Social Bookmark Button

0 Comment(s)

Poskan Komentar