Blog Gizi dan Kesehatan

it's about your everyday life.
Your Ad Here

Formula Sederhana dalam mencapai Berat Badan Ideal  

Banyak pertanyaan mengenai bagaimana menurunkan berat badan dan cara menaikkan berat badan yang masuk ke email dan blog ini. Jika anda berkunjung ke toko buku, anda akan mendapatkan berbagai jenis diet untuk kedua hal tersebut diatas. Atau yang sekarang banyak beredar produk untuk menaikkan berat badan dan menurunkan berat badan. Pertanyaannya efektifkan mereka?

Dengan jujur saya akan menjawab, jika semua hal tersebut dijalankan dengan benar dan mengikuti aturan, maka tujuan anda akan tercapai. Diet dan produk-produk tersebut merupakan alat bantu saja. Artinya masih ada faktor lain. Ada sebuah formula sederhana yang harus anda pahami sebelum anda akan memilih sebuah jenis diet atau mencoba produk pelangsing/penambah berat tubuh

Bagaimana caranya jika saya ingin menurunkan berat badan?
Anda harus mengkonsumsi 500-1000 kalori lebih sedikit dari jumlah kalori/energi yang anda gunakan untuk aktivitas tubuh anda setiap harinya. Sebagai contoh, jika pengeluaran energi anda 2500 kalori/hari, maka anda harus makan makanan yang hanya mengandung 1500-2000 kaori. Tapi terkadang mengurangi porsi makan dan merubah jenis makanan adalah hal yang berat. Jika anda termasuk orang yang berkeberatan mengurangi porsi makan, maka yang anda harus lakukan adalah meningkatkan jumlah energi yang dibakar tubuh untuk aktivitas. Bisa dengan olahraga,atau kegiatan fisik lainnya yang sedikit lebih berat. seperti jika anda biasa naik lift, maka untuk membakar ekstra 500 kalori berarti anda harus naik dan turun lift di kantor.


Bagaimana caranya jika saya ingin menaikkan berat badan?

Caranya adalah kebalikan dari rumus diatas. Andfa harus mengkonsumsi kalori 500-1000 kalori lebih tinggi dari jumlah energi/kalori yang anda bakar untuk aktifitas setiap harinya. Tetapi rumus ini bukan artinya anda makan lebih banyak 500-100 kalori saja. kenapa?karena jika anda hanya melebihkan jumlah yang anda makan tanpa olahraga, maka kelebihan kalori ini akan disimpan sebagai lemak disekitar perut dan pinggang anda. Akibatnya pertambahan berat badan yang anda inginkan malah menjadikan perut anda buncit. Yang bagus adalah selain anda meningkatkan asupan kalori, anda juga berolahraga. Tujuan olahraga disini adalah bukan untuk membakar kalori, namun lebih kepada untuk membentuk massa otot. Sehingga olahraga yang dipilih sebaiknnya yang dapat membesarkan massa otot annda. Dengan cara ini, selain berat anda bertambah, tubuh anda juga akan terlihat lebih proporsional.

Silahkan memilih diet yang anda sukai, namun jangan lupakan 2 rumus diatas.


AddThis Social Bookmark Button

0 Comment(s)

Poskan Komentar